breaking news New

Aneka Oleh-oleh Solo Terenak Dan Terpopuler

Setelah jalan-jalan ke kota Solo, rasanya kurang lengkap jika enggak membawa oleh-oleh. Buat kamu yang mungkin bingung mau bawa oleh apa, berikut adalah aneka oleh-oleh khas Solo yang paling enak dan sudah menjadi populer sejak jaman dahulu.

1. Roti Kecik
Roti Kecik merupakan salah satu camilan tradisional khas Solo yang menjadi favorit dari kerajaan keraton Solo. Teksturnya yang cukup keras membuatnya lebih pantas disebut dengan kue kering. Bentuknya terlihat panjang lonjong dengan berukuran kecil memiliki cita rasa yang manis dan gurih saat digigit. Bahan utama Rotik Kexik ini dari campuran tepung beras ketan yang dipanggang sehingga mampu bertahan cukup lama.

2. Rengginang
Kerupuk Rengginang dibuat dengan menggunakan beras ketan, dengan bentuknya yang lebih kecil dan tebal. Rasa gurih dan teksturnya yang renyah membuat rengginang menjadi favorit dari banyak orang untuk dijadikan camilan ataupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Selain rasa gurih, ada juga rengginang yang memiliki varian rasa manis dan pedas yang enggak kalah enaknya dengan rasa aslinya.

3. Kerupuk Karak
Kerupuk Karak terbuat dari nasi yang sudah dibumbui, lalu ditumbuk hingga tipis, kemudian dijemur sebelum akhirnya digoreng. Tekstur kerupuk yang renyah dengan rasa gurih yang khas ini membuat Kerupuk Karak sangat enak untuk di jadikan santapan dengan berbagai hidangan.

4. Rambak Petis
Rambak atau kerupuk kulit biasanya dinikmati langsung sebagai pelengkap saat sedang makan. Namun di Solo, kerupuk rambak juga sering disajikan bersama sambal petis sehingga rasanya semakin lebih lezat. Saat dicocol tekstur renyah dan gurih kerupuk rambak kulit sapi ini terasa lebih nikmat dengan sambal petis pedas yang khas.

5. Intip Solo
Intip merupakan sebutan lain dari kerupuk kerak nasi khas Solo yang sudah ada sejak zaman dahulu. Bahan utamanya terbuat dari kerak nasi yang dicetak pada dandang atau kendi baru kemudian digoreng hingga renyah. Bentuknya mirip sekali dengan rengginang, namun ukurannya lebih besar. Terdapat dua jenis intip solo yang bisa kamu coba yakni intip polos dan Intip Solo yang disiram dengan gula jawa cair.