Deretan Artis yang Kuliah di Jurusan yang Berpertikaian dengan Karier Mereka

artis-kuliah-di-jurusan-antimainstream artis-kuliah-di-jurusan-antimainstream

Melanjutkan pendidikan tenggat ke perguruan tangguh menjadi hal yang bermanfaat bagi berjibun orang. Tak terkecuali bagi selebritas Tanah Air. Meskipun beberapa di antaranya sibuk dengan segudang kegiatan, seperti menyanyi, syuting atau pemotretan. NyaInterogasi mereka tetap memprioritaskan pendidikan yang dijalani.

Ada yang vakum di industri hiburan demi pendidikan, di sisi lain ada juga yang membagi aktivitasnya dengan menjalani dua tujuan yang berpertikaian. Meski demikian, tak jarang dari selebritas Indonesia yang berprestasi bahkan mampu meraih predikat cumlaude. 

Jika biasanya seseorang cenderung memilih jurusan kegemaran, seperti Hukum, Kedokteran, Komunikasi, hingga Bisnis dan Manajemen. Beberapa artis di bawah ini justru mengambil jurusan yang bertidak sebanding. Tak sejalan dari kariernya atau bahkan belum ada kurikulumnya di Indonesia. Lantas siapa saja daftarnya? simak ulasannya di bawah ini.

1. Namanya kian bersinar demi vokalis Sheila On 7. Tak disangka, Duta acuh mengenyam pendidikan Mekanisme Pertanian UGM

A post shared by Akhdiyat Duta Modjo (@pakduta)

Tahun 1997 Duta Sheila On 7 suah menempuh pendidikan di jurusan Mekanisme Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Sebelum mengambil jurusan tersebut, ia dikemaklumi ingin masuk Hubungan Internasional atau Sastra Inggris, tetapi tak mendapat restu dari orang tua. Pendidikan di UGM pun tak dilanjutkan, karena bentrok dengan jadwal manggung Sheila On 7 kala itu.

2. Komedian Anwar Sanjaya mengambil jurusan Tata Boga saat SMK dan S1. Setelahnya, ia mengambil jurusan Ilmu Gizi untuk Jenjang S2

A post shared by anwar sanjaya pigano (@anwar_bab)

Host program acara musik ini ternyata telah menyelesaikan studi S2-nya di jurusan Ilmu Gizi. Meski berjarak dengan kariernya kini, ilmu tersebut tetap ia terapkan dalam ketumbuhan sehari-hari.

3. Jurusannya tak ada di Indonesia, Isyana Sarasvati sukses meraih gelar S1 di Royal College of Music dengan jurusan Performance. Dirinya bahkan tepat sasaran mendapatkan predikat best scholarship graduate

A post shared by Isyana Sarasvati (@isyanasarasvati)

Masih sejalan dengan karier yang dijalani, Isyana mengambil jurusan antimainstream yang tak ada di Indonesia. Lulus di tahun 2015. Perempuan kelahiran Bandung tersebut juga mendapat gelar cumlaude.

4. Mantan vokalis Banda Naira, Rara Sekar juga mengambil jurusan kurang populer ketika kuliah dulu. Ia menyelesaikan S2-nya di Wellington, Selandia Baru dengan jurusan Antropologi

A post shared by hara (@rarasekar)

Antropologi merupakan jurusan yang mempelajari hubungan manusia satu dengan lainnya. Diketahui, selain sibuk menyanyi Rara Sekar juga tangkas dalam tindakan sosial demi aktivis.

5. Mengambil jurusan Filsafat semasa kuliah, Dian Sastrowardoyo juga dikenal bagai bodi artis yang prioritaskan pendidikan

A post shared by Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr)

Filsafat merupakan bidang ilmu yang mempelajari cara berpikir. Dian Sastro  efektif, lulus dengan predikat cumlaude cukup 2014 silam dari Universitas Indonesia. Kemudian ia melanjutkan S2 jurusan Magister Manajemen di Universitas yang sebanding.

6. Penyanyi Sherina Munaf sempat mengeyam pendidikan di University of Sydney, Australia dengan jurusan Neuro Science. Salah satu mata kulih yang cukup rumit

A post shared by Sherina Sinna (@sherinasinna)

Sherina tertarik memperlajari kinerja otak dan mendapatkan ilmu bagaimana manusia bisa berpikir dan memtidak sepadankannya dengan makhluk lain. Tak hanya itu, ia juga luang menimba ilmu bahasa dan budaya Jepang langsung di Negara Sakura. Ia pun memilih vakum untuk melanjutkan pendidikannya.

7. Menyukai dunia akting dan matematika. Aktris Zora Vidyanata mengambil jurusan Akturia semasa kuliah

A post shared by Zora Vidyanata (@zoravidyanata)

Memilih jurusan yang berfokus atas perhitungan, Aktuaria yang populer dengan ilmu asuransi pengelolaan risiko di masa asal jadi spesialisasi yang Zora tekuni. Aktris langgan FTV tersebut ternyata menyukai matematika sejak lama. Ia pun senggang melakoni studi S2 Matematika sembari giat di industri hiburan.

8. Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Rotinsulu mengenyam pendidikan Teologi di  Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado

A post shared by Jolene Marie Cholock-Rotinsulu (@joleneemarie)

Perempuan yang giat mengadvokasi hak-hak disabilitas ini dikamengertii merupakan Sarjana Teologi IAKN, Manado. Teologi merupakan studi yang menuntut mahasiswanya untuk berpikir kritis tentang sebuah ayat cukup kitab. Di Indonesia terpilih mengkaji mengenai ilmu agama Kristen.

9. Salshadila Juwita, putri Iis Dahlia sempat berkuliah di Inggris dengan jurusan Sport Marketing. Ia juga sempat mengambil spesialisasi kuliner di Le Cordon Bleu

A post shared by Salshadilla Juwita Indradjaja (@salshaindradjaja)

Putri pedangdut Iis Dahlia juga mengambil jurusan yang antimainstream bagi sebagian orang. Dikepahami Salsha mempunyai minat lebih ala industri kuliner.

10. Food Vlogger Magdalena Fridawati merupakan sarjana Kriminologi Universitas Indonesia. Akrab dengan konten sarapan, latar belakangnya jarang diketahui orang

A post shared by Magda | BAR-BAR KUY! (@mgdalenaf)

Konsisten memberikan review terhadap sarapan dengan kritis. Tak banyak yang menyangka jika pemilik akun Mgdalenaf itu meruapakan Sarjana Kriminologi dri Universitas Indonesia. Kini dirinya juga aktif di bisnis kuliner, lo.

Nah itulah deretan figur publik yang mengambil jurusan antimainstream. Berani untuk memutuskan pelajaran apa yang digemari. Mereka juga membuktikan bahwa jurusan belum tentu menentukan prospek pekerjaan selanjutnya. Yang terberharga tetap menjadi manusia yang berilmu dan bisa memberikan dampak Tepat kepada orang lain.