breaking news New

Fakta Menarik Negara Asal Taco, Mexico

Mexico merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Latin dan juga negara yang paling banyak berbahasa Spanyol. Nama negara ini diambil dari nama ibu kotanya yang berasal dari nama ibu kota kuno Aztec yaitu Mexico-Tenochtitlan. Berikut beberapa fakta mengenai negara Mexico.

1. Mexico City Tenggelam 12 cm Setiap Tahun
Seperti halnya Jakarta yang diperkirakan akan tenggelam pada tahun 2050 , Ibukota Meksiko, Mexico City juga diperkirakan akan segera tenggelam. Bedanya, kalau Jakarta akan tenggelam ke bawah laut, maka Mexico City akan tenggelam ke bawah danau. Mexico City dibangun di atas sistem dasar danau oleh suku asli dan diperluas oleh suku Aztec ketika mereka mengambil alih kekuasaan Lembah Meksiko. Tidak seperti suku Aztec yang menciptakan sistem tanggul dan kanal yang rumit untuk pengendalian banjir, orang Spanyol yang datang kemudian bersikeras mengeringkan dasar danau untuk memenuhi kebutuhan air mereka.

Saat ini sebagian besar pemenuhan air untuk penduduk kota dipompa dari akuifer di bawah permukaan. Akuifer adalah lapisan bawah tanah yang mengandung air dan dapat mengalirkan air. Namun karena kondisi tanah Mexico City yang berpasir, akibatnya seluruh kota dan bangunan diatasnya pun terus mengalami penurunan. Diperkirakan Mexico City tenggelam sekitar 12 cm setiap tahunnya. Jika tidak ada penanganan yang serius, ibukota Meksiko itu bisa kembali berubah menjadi danau seperti semula, sebelum dibangun menjadi sebuah kota.

2. Di Mexiko Terdapat Tradisi Unik Perayaan Hari Kematian (Día de los Muertos)
Setiap tahunnya Meksiko selalu memperingati Hari Kematian atau Día de los Muertos yang berlangsung dari tanggal 31 Oktober hingga 2 November. "Día de los Muertos" merupakan festival hari kematian yang selalu dirayakan setiap tahun oleh masyarakat Meksiko sebagai cara untuk mengenang sanak keluarga dan orang-orang terkasih yang telah tiada.

Tanggal 1 November perayaannya dinamakan "Dia de Los Angelito s" dan didedikasikan untuk mengenang arwah anak-anak. Sedangkan pada 2 November disebut "Dia de Los Difuntos" yang diperuntukan bagi arwah orang dewasa.