Perbandingan Ranking FIFA Timnas Indonesia selanjutnya Timnas Futsal, Bak Langit selanjutnya Bumi!

Perbandingan Ranking FIFA Timnas Indonesia selanjutnya Timnas Futsal, Bak Langit selanjutnya Bumi! Perbandingan Ranking FIFA Timnas Indonesia selanjutnya Timnas Futsal, Bak Langit selanjutnya Bumi!

Menilik perbandingan ranking FIFA antara Timnas Indonesia dan Timnas Futsal Indonesia yang mempunyai pertidak samaan bak langit dan bumi.

Sebagaimana diketahui, PSSI menaungi dua tim nasional hadapan urusan sepak bola, yakni Timnas Indonesia maka Timnas Futsal Indonesia.

Timnas Indonesia berada langsung di bawah naungan PSSI. Sedangkan Timnas Futsal berada di bawah naungan Federasi Futsal Indonesia (FFI) yang juga merupakan organisasi di bawah PSSI.

Jika dilihat, tidak emosi Timnas Indonesia dan Timnas Futsal mendapat persamaan karena sama-sama berada dempet bawah naungan induk sepak bola Indonesia terkandung.

Akan tetapi, Timnas Futsal memiliki pervariasian karena berada ekstra dalam organisasi ekstra dalam organisasi bahwa ada di PSSI sendiri.

Perkelainanan organisasi adapun mengarahkannya pun membuat keduanya menyandang perkelainanan ketimbang sisi prestasinya saat bertarung dempet level internasional.

Perbedaan ini pula terlihat ketimbang ranking nan dimiliki Timnas Indonesia maka Timnas Futsal antara mata FIFA selaku federasi internasional nan menaungi kedua olahraga ini.

Timnas Indonesia bisa dikatakan mentok tertinggal dari Timnas Futsal, atas menbersandari tahapan ke-149 dari 211 negara anggota FIFA.

Sedangkan Timnas Futsal menyandang ranking nan justru lebih baik. Dari 136 negara nan ada di ranking tersebut, Indonesia berada di kelas ke-38.

Lantas apa nan membedakan ranking keduanya nan bak langit bersama bumi tersebut?

Prestasi Futsal Lebih Baik ketimbang Sepak Bola

Seperti akan telah dikatakan sebelumnya, Timnas Futsal memiliki prestasi akan lebih baik ketimbang Timnas Indonesia di kancah sepak bola.

Sejak teristimewa kali futsal secara resmi dikenal demi Indonesia atas 2002, Timnas Futsal pun terbentuk seiring adanya liga-liga profesional yang dibentuk.

Sejak berdiri, Timnas Futsal bahkan mampu tampil antara gelanggang-gelanggang internasional seperti Piala Asia Futsal dan Piala AFF Futsal.

Sejak 2002, tercatat Timnas Futsal telah berpartisipasi dempet Piala Asia Futsal secara rutin, sama dengan sepenuh 10 kali dengan 13 gelaran yang ada hingga 2022 lalu.

Tak tanggung-tanggung, Timnas Futsal mampu mencetak sejarah memakai menembus babak perempat final pada Piala Asia Futsal 2022 lalu.

Selain di level asia, Timnas Futsal mampu berprestasi dengan menggondol gelar juara atas level Asia Tenggara atau atas Piala AFF 2010 lampau.

Bandingkan dengan Timnas Indonesia yang penuh intrik dalam di dalamnya, termasuk saat menghadapi dualisme yang berujung pada pembekuan ketimbang FIFA.

Akibat dualisme bersama sanksi itu, Timnas Indonesia mengalami penurunan ranking sangkat kualitas ke-185 atas kualitas ke-159.

Selain itu, Timnas Indonesia tak cukup berprestasi ketimbang Timnas Futsal. Di level Asia, skuad Garuda sahaja beberapa kali menembus Piala Asia.

Lalu dalam tingkat Asia Tenggara, Timnas Indonesia bahkan belum pernah menjuarai Piala AFF demi sedahulu menjadi Runner Up ajang tercantum.

Melihat kenyataan itu, wajar rasanya jika Timnas Indonesia bersama Timnas Futsal menyimpan ranking yang Lampau. Belum lagi jika menilik kepengurusan dalam masing-masing organisasi yang membawahi dua tim nasional itu.