REKOMENDASI OLEH-OLEH YANG WAJIB KAMU BORONG DI BALI

Foto oleh-oleh khas Bali yaitu Joger Foto oleh-oleh khas Bali yaitu Joger

Selain terkenal dengan objek wisata pantai dan budayanya, Bali juga dikenal dengan oleh-oleh yang bervariatif, oleh oleh Khas Bali biasanya mulai dari jajanan, makanan, aksesoris, kaos, tas hingga souvenir. Berikut beberapa oleh-oleh khas Bali, sebagai berikut:

1. Kaos Joger

Kaos merupakan oleh-oleh yang tahan lama karena bukan makanan yang memiliki masa kadaluarsa. Hampir semua wisatawan yang berwisata ke Bali wajib memiliki Kaos Joger maka tak heran jika ada istilah belum lengkap berwisata ke Bali jika belum mampir ke Joger. Kaos Joger terkenal karena kata-katanya yang unik dan kritis sehingga wisatawan dibuat penasaran dengan beragam tulisan-tulisan pada kaos.Tidak hanya itu Joger juga menyediakan beberapa aksesoris termasuk sandal, gantungan kunci, hingga souvenir khas Bali tersedia lengkap. Tarif yang ditawarkan cukup beragam termasuk harga kaos joger dengan kualitas barang yang bagus, mulai dari 100 ribuan. Alamat : Jalan Raya Kuta dan Jalan Raya Denpasar – Bedugul 

2. Pie Susu Dhian

Camilan yang wajib kita beli untuk oleh-oleh adalah pie susu Bali yang memiliki tekstur dan bentuk unik dan pada bagian pinggirnya memiliki rasa gurih dan renyah sedangkan di bagian tengahnya terdapat sebuah fla yang manis. Camilan yang memiliki tekstur lembut sejak gigitan pertama, maka tak usah heran bila disukai banyak kalangan. Di Bali sendiri ada dua merk pie susu yang terkenal dan dijadikan buah tangan yakni Pie Susu Asli Enaaak, kemudian juga ada Pie Susu Dhian. Pie susu juga memiliki berbagai varian rasa yang beragam seperti mulai dari stroberi, keju, cokelat, blueberry.

3. Batu Bali

Semua batu yang ada di sini merupakan batu pilihan yang berasal dari Indonesia dan ada pula yang diimpor dari luar negeri, bukan hanya sekadar untuk koleksi, di sini juga kita bisa mendapatkan berbagai perhiasan dari perak nan cantik dengan hiasan batu. Salah satu yang menarik yaitu ada batu Green Opal yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan, lalu ada juga batu air yang tidak kalah unik, karena batuannya kita bisa melihat gelembung udara dan air.

4. Udeng

Udeng adalah ikat kepala khas Bali ini bisa kita jumpai hampir di setiap tempat wisata Bali maupun pura. Udeng Bali memiliki warna yang mencolok dan masing-masing warnanya memiliki makna tersendiri. Dulu Udeng Bali digunakan pada saat tertentu saja tetapi saat ini Udeng Bali bisa digunakan kapanpun dan oleh siapapun tidak hanya pada saat pelaksanaan upacara tertentu. Kamu bisa membeli Udeng Bali ini di pasar-pasar tradisional, pusat oleh-oleh Bali atau langsung di tempat pengrajinnya di Desa Sidemen. Harga iket Bali ini juga masih sangat murah di mulai dari harga Rp15.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung jenis motifnya.

5. Bagiak Bali

Bagiak bali merupakan camilan yang renyah yang memiliki rasa gurih karena terbuat dari tepung sagu yang dipanggang sehingga sangat cocok untuk menjadi teman minum teh ataupun kopi. 

6. Kerajinan Kayu

Hal lain yang terkenal sebagai oleh-oleh dari Bali adalah kerajinan kayu. Jika kamu pergi ke pusat oleh-oleh di Bali, tentunya kamu akan melihat berbagai puluhan jenis kerajinan kayu yang dijual di sana. Mulai dari hiasan kayu sampai yang bisa digunakan sehari-hari seperti asbak, mangkuk, dan lainnya. Dan jangan lupa juga banyak juga kerajinan kayu yang dalam bentuk perhiasan seperti gelang dan kalung dengan ornamen dari kayu.

7. Kain Pantai

Karena Pulau Bali sangat terkenal dengan pantai-pantainya, tentu saja kain pantai juga populer sebagai oleh-oleh Bali, kain pantai Bali ini biasanya sangat tipis dan juga punya corak desain yang bermacam-macam. Kain ini bisa berguna sebagai alas saat kamu ingin bersantai di atas pasir pantai, atau sebagai bawahan untuk berjalan-jalan.

Nah itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Pulau Bali yang wajib kamu bawa pulang untuk orang terdekatmu, atau bisa juga sebagai kenang-kenangan untuk menahan rindunya di Pulau Bali supaya kamu ingin cepat-cepat kembali ke Bali bersama keluarga atau teman terdekatmu. Bagaimana? Tertarik dengan oleh-oleh khas Bali?